Tips Berjualan di Car Free Day

Categories: improvement

Berjualan di acara car free day? Pernah melakukannya gak? Gimana hasilnya? Sukses atau gak? Ingin tahu tips berjualan di car free day ala Sang Entrepreneur gak? Baca curhatan berikut ini yak…

Fenomena Acara Car Free Day

Sudah menjadi jamak sekarang di beberapa kota kecil dan menengah mengadakan event car free day (CFD) atau hari bebas kendaraan bermotor. Meskipun hampir tidak mungkin event tersebut berlangsung benar-benar seharian penuh, tapi cukup efektif untuk membuat kerumunan dan keramaian.

Agak bias memang dari tujuan awal penyelenggaraan Car Free Day alias Hari Bebas Kendaraan yang membebaskan kota dari polusi, tapi semoga bisa terkompensasi dengan hal-hal positif lainnya.

[alert-success] [/alert-success]

Kita bisa lihat juga hasil lain dari kegiatan yang bertujuan positif ini terkadang membuat satu masalah baru, yaitu sampah yang melimpah ruah ditinggalkan begitu saja oleh para pelaku. Sangat disayangkan memang. Namun itu hanyalah salah satu kekurangan acara yang perlu dipikirkan lagi oleh pemda setempat di antara sekian banyak sisi positif kegiatan Car Free Day ini.

Salah satu kegiatan positif yang menjadi produk sampingan car free day adalah banyaknya para pedagang menemukan tempat untuk menjajakan produknya. Tidak ketinggalan, para pelaku wirausaha pemula juga menjadikan ajang car free day sebagai test market atas produknya.

car-free-day

Tips Berjualan Di Car Free Day Ala Sang Entrepreneur

Nah, bagi teman-teman yang ingin berjualan di car free day, berikut kami bagi beberapa tips yang bisa kamu terapkan langsung.

Tips Berjualan di Car Free Day #1: Survey

Seperti halnya kita akan memasuki sebuah medan pasar yang baru, survey menjadi kunci untuk kita bisa mengetahui kondisi pasar secara dini. Dan, untuk selanjutnya bisa kita tetapkan hal-hal apa yang harus kita persiapkan.

“Give me six hours to chop down a tree and I will spend the first four sharpening the axe.” – Abraham Lincoln

Dalam konteks car free day, kita bisa terlebih dulu mengikuti event tersebut sebagai pengunjung. Kita mengamati komoditas apa saja yang dijajakan di sana berikut kisaran harganya. Jangan lupa juga melihat potensi penjualannya dari keramaian di setiap booth yang ada.

Sehingga bisa juga kita mengumpulkan informasi mengenai kemungkinan produk kita untuk bisa dijual di event tersebut dari para pengunjung lainnya.

Baca juga: Wirausaha itu Perlu FOKUS

Yang tidak kalah penting dari agenda survey ini adalah terkait lokasi. Karena pada umumnya pedagang di event car free day adalah pedagang nomaden dan tidak ada koordinasi mengenai plot tempat. Karenanya siapa yang datang lebih dulu dapat menentukan di lokasi mana dari ruas jalan yang digunakan untuk event car free day yang akan digunakan untuk membuka lapaknya.

Tips Berjualan DiCar Free Day #2: Tetapkan Target

Setelah cukup informasi dari agenda survey, berikutnya kita bisa tindak lanjuti dengan persiapan. Persiapan dimaksud tentu terkait dengan target yang ingin kita peroleh dari keikutsertaan kita dalam event car free day.

Apakah kita akan menjual sebanyak-banyaknya, menghabiskan stok lama, atau sekedar memperkenalkan produk dan/atau perusahaan.

Target sebagaimana dimaksud di atas tentu sangat bergantung dari tipe produk dan kesesuaiannya dengan event car free day. Sebagai contoh, produk minuman kesehatan tentu sangat layak menetapkan target penjualan sebesar-besarnya dalam event car free day.

Hal ini karena harga produk tersebut relatif terjangkau untuk seorang peserta car free day dan uang saku yang dibawa. Selain itu, produk tersebut sangat in-line dengan event car free day itu sendiri, dimana concern utamanya adalah perihal kesehatan dan lingkungan.

Sedangkan untuk produk seperti pakaian anak (misalnya), tentu tidak pas jika menetapkan target yang sama dengan produk minuman kesehatan. Target yang paling cocok untuk produk pakaian anak di acara Car Free Day ini adalah, menurut kami, pengenalan produk atau brand awareness. Atau mungkin, bisa jadi sebagai ajang menghabiskan stock lama pakaian anak yang ada dengan discount besar-besaran sehingga harga bisa lebih terjangkau untuk pengunjung car free day.

Tips Jualan di CFD #3: Update Informasi Alias Tetap Kekinian

Tips berjualan di car free day terakhir dari kami adalah selalu update informasi terkait car free day dan event sejenis untuk penjualan on spot. Karena biasanya selalu ada tema dan kegiatan besar yang mengiringi event car free day, maka sangat memungkinkan kita mengadakan program penjualan yang disesuaikan dengan tema dan acara dalam event tersebut.

[alert-note] [/alert-note]

Sebagai contoh, jika baru-baru ini event car free day dimeriahkan dengan momen perayaan hari guru nasional, maka ide untuk memberikan discount khusus bagi seorang guru bisa jadi program yang cemerlang. Selalu update informasi atau istilah anak jaman sekarang biar kekinian ini juga harus dimiliki oleh para wirausaha.

Bagus Gak Berjualan DiCar Free Day

Karena event car free day selalu memiliki tema yang berubah secara dinamis, selalu cari jalan baru untuk bisa in-line dengan tema tersebut. Jangan lupa juga untuk mengevaluasi setiap program yang dijalankan sehingga efektifitasnya terjaga.

Baca juga: 5 Langkah Berinovasi

Demikian sedikit tips berjualan di car free day di kotamu ala Sang Entrepreneurs. Jadi, sudah siap berjualan di car free day? Kami tunggu cerita serunya berjualan di car free day di kota sobatpreneurs semua. Karena menurut kami, berjualan di event CFD itu bagus banget untuk pembelajaran kewirausahaan dan melatih insting bisnis kita.

2 Comments

Your Thoughts