Story: Stop in Middle or Continue

By:
Categories: stories

Mau lanjut atau menyerahkah? 

Image courtesy of SevenUp

Image courtesy of SevenUp

Ketika kita memulai usaha, tentunya akan dihadapkan banyak hal yang harus dibereskan. Dan tak jarang hal tersebut membuat kita ingin menyerah dan akhirnya mengatakan: “Saya sudah gagal”. Tapi apakah memang itu satu-satunya opsi yang tersedia?

Ada sebuah kisah menarik yang saya selalu ingat hingga sekarang, yaitu kisah “Success Story of 7Up“. Sudah banyak beredar di website tentang kisah ini dan bahkan Donald Trump sendiri menggunakannya seperti yang terlihat dalam video berikut ini:

Sudah ditonton? Kalau belum, berikut ini saya tuliskan rangkuman dari kisah ini. Berawal dari angan seorang pemuda penyuka minuman soda. Dia akhirnya bereksperimen untuk membuat minuman sodanya sendiri. Semua informasi dia cari mengenai ini dan kemudian dimulailah percobaan demi percobaan.

Karena semangatnya itu, dia terus berusaha untuk menemukan formula yang tepat versi dia saat itu. Percobaan yang dilakukan pun ternyata hingga percobaan ke-6. Hasilnya? Ya kalau sampai percobaan ke-6, artinya percobaan sebelumnya GAGAL. Tidak sesuai harapannya, akhirnya setelah kegagalan ke-6 ini, pemuda itu pun akhirnya menjual ide sodanya itu.

Dibelilah oleh sebuah perusahaan ide percobaan itu. Akhirnya perusahaan itu pun mencoba memperbaikinya dan berhasil. Lahirlah sebuah minuman soda yang cukup terkenal (setidaknya masa kecil saya juga dihiasi oleh minuman soda merk ini), yaitu 7Up, yang berarti setelah percobaan ke-7 dia berhasil.

Seperti yang dikisahkan oleh Donald Trump, entah kisah ini benar adanya atau hanya sebuah karangan, tapi moral dari kisah ini sangat baik untuk yang ingin memulai usaha. Dalam definisi wirusaha, yang saya tuliskan dalam blog pribadi saya, tercantum bahwa akan ada keberhasilan dan kegagalan, seperti yang dialami oleh si pemuda itu.

Namun…. apakah ingin tetap melanjutkannya atau berhenti, semua menjadi pilihan kita sebagai wirausaha. Apakah berhenti begitu saja, ataukah tetap menlanjutkan usaha kita ketika bertemu dengan kegagalan itu. Stop in the middle or continue with all your efforts. 

Success is the result of perfection, hard work, learning from failure, loyalty, and persistence.

Colin Powell

 @Ryan

Your Thoughts