Budgeting Untuk UKM – Final

By:
Categories: management

Post kali ini adalah post terakhir untuk rangkaian membuat budget yang kami share di sini. Dalam post sebelumnya sudah disampaikan contoh budget departmental untuk dipraktekkan. Tahap berikutnya dari seri budgeting adalah membuat kompilasi budget dan melakukan presentasi ke manajemen untuk persetujuan.

Kompilasi biasanya dilakukan oleh budget officer atau pihak lain yang ditunjuk oleh manajemen sebagai penanggung jawab hal ini. Kami tidak akan share lebih banyak mengenai proses kompilasi, namun kami siap membantu jika ada yang membutuhkan asistensi dalam membuat budget ataupun kompilasi budget ini.

Kompilasi budgeting dilakukan dengan tujuan akhir membuat budget report atau laporan budget. Laporan budget ini dibuat sama dengan laporan keuangan dengan tujuan agar dapat diperbandingkan dengan lebih baik. Perbandingan antara realisasi dengan budget per department ataupun per akun biaya akan sangat berguna bagi perusahaan, sebagaimana disampaikan pada post awal mengenai tujuan budgeting.

Untuk tulisan kali ini, kami akan memberikan file presentasi atas rangkaian budgeting process yang sudah kami tuliskan dalam post-post sebelumnya. File dapat diakses di link berikut ini.

https://drive.google.com/file/d/0B8fHGhT09xC1RUdiOGkyLWhBd00/view?usp=sharing

Your Thoughts